Aksi Perusahaan Lakukan PHK Sepihak Ditengah Pandemi Covid-19

 Aksi Perusahaan Lakukan PHK Sepihak Ditengah Pandemi Covid-19

Presiden Aspek Mirah Sumirat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Maraknya perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak tanpa pesangon menuai kecaman oleh berbagai pihak.

Mirisnya, tak sedikit perusahaan yang memanfaatkan pandemi Covid-19 sebagai dalih memutuskan hhubungan para pekerjanya.

Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia mengecam gelombang pemutusan hubungan kerja ( PHK) yang melanda para pegawai di tengah pandemi Covid-19.

“ASPEK Indonesia menerima banyak laporan dan pengaduan, adanya sikap ‘aji mumpung’ yang dilakukan oleh manajemen perusahaan,” jelas Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia Mirah Sumirat melalui keterangan tertulis, belum lama ini.

Menurutnya, ASPEK Indonesia telah mendapat banyak laporan rata-rata berupa PHK massal secara sepihak yang dilakukan manajemen perusahaan.

Sudah begitu, lanjut Mirah, banyak perusahaan yang membayar pesangon ala kadarnya kepada para pegawai terdampak PHK.

“Hanya membayar pesangon ala kadarnya bahkan tanpa mau membayar pesangon. Padahal hak pesangon adalah hak pekerja yang dilindungi oleh UU Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Mirah tak percaya jika omzet perusahaan yang tersendat gara-gara pandemi Covid-19 sebagai alasan di balik PHK massal tanpa pemberian pesangon yang layak.

Menurutnya, gelombang PHK ini seolah-olah perusahaan mengubur fakta bahwa sebagian besar mereka sudah lama beroperasi dan menimbun laba, jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda.

“Terdampaknya omzet perusahaan selama pandemi Covid-19, tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak membayarkan hak pesangon pekerjanya.Keuntungan perusahaan selama ini harusnya bisa untuk membayar hak pesangon pekerja,” pungkasnya.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *