Alasan Dibalik Desain Rumah Mewah ala Jepang, Begini Penjelasannya!

 Alasan Dibalik Desain Rumah Mewah ala Jepang, Begini Penjelasannya!

Ilustrasi. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Apa sih yang menjadi alasan desain rumah mewah ala Jepang. Seperti diketahui, penghuni dimasyarakat Jepang dihadapkan pada persoalan udara panas. Namun, banyak solusi untuk mengatasi persoalan itu adalah terobosan baru agar rumah tak terdampak dari panasnya udara diluar. Untuk mengatasi masalah ini, desain rumah Jepang bisa menjadi salah satu referensinya. Budaya Jepang dikenal mengedepankan efisiensi, kesederhanaan dan kecintaan pada alam bisa terlihat jelas dari desain rumahnya.

Rumah Jepang sendiri pada dasarnya berorientasi pada praktik Zen—menggabungkan unsur-unsur alami dengan desain yang nyaman dan fungsional. Hasilnya, interior rumah Jepang terlihat minimalis tapi bisa memberikan efek menenangkan bagi penghuninya. Jika ingin menciptakan atmosfer sejuk dan perasaan rileks di dalam rumah, berikut desain rumah Jepang yang bisa diterapkan.

Ini dia desain rumah Jepang unik lain yang bisa menciptakan atmosfer sejuk dalam ruangan. Air adalah simbol kedamaian dan kesejahteraan, menghasilkan oksigen yang bisa membuat udara di rumah terasa lebih segar. Suara gemercik air pun dipercaya bisa membuatmu merasa rileks. Oleh karena itu, bukanlah hal aneh jika kolam dalam ruangan mampu memberikan efek menenangkan bagi penghuni rumah Jepang ini. Selain menciptakan suasana sejuk dan rileks, kehadiran kolam ikan minimalis di ruangan  tentu saja punya nilai estetika yang tinggi. Kombinasi air, ikan dan tanaman air akan memberikan tekstur menarik yang bisa mempercantik rumah Jepang.

Salah satu desain rumah Jepang yang paling unik adalah taman kecil yang dibangun di tengah bangunan. Mengusung konsep “bringing outdoor to indoor”, taman kecil ini bertujuan membantu sirkulasi udara segar tetap lancar dan cahaya alami bisa masuk ke seluruh sudut rumah. Maka itu, tidak jarang kalau rumah Jepang memiliki ventilasi yang lebih banyak dibandingkan rumah gaya lain. Biasanya, ruangan yang berada di sekitar taman dibatasi dengan pintu geser, atau seperti rumah Jepang tradisional disebut shoji.

Penggunaan pintu geser ini dimaksudkan agar cahaya matahari tidak terhalangi dan transisi antara dalam dan luar ruangan jadi seminimal mungkin. Nah, kalau kamu mencari inspirasi rumah Jepang yang lebih modern, pintu geser dari kaca bisa menjadi alternatif.  Selain cahaya matahari dapat masuk, bisa menikmati keindahan taman dari dalam ruangan.

Putri Pratiwi K

http://wartagriya.com

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *