Antisipasi Virus Corona, Anggaran Rumah Subsidi Ditambah 1,5 Triliun

 Antisipasi Virus Corona, Anggaran Rumah Subsidi Ditambah 1,5 Triliun

Ilustrasi. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Dalam rangka antisipasi dampak virus corona, pemerintah menyiapkan insentif anggaran sebesar Rp.1,5 triliun untuk tambahan subsidi bunga dan bantuan uang muka perumahan bagi masyarakat perpenghasilan rendah.

Anggaran sebesar itu terdiri dari Rp800 miliar untuk Subsidi Selisih Bunga (SSB). Dan sisanya untuk bantuan Subsidi Bantuan Uang Muka sebesar Rp700 miliar.

Kemudian, untuk subsidi selisih bunga, tambahan anggaran diharapkan bisa membantu sektor properti dan masyarakat untuk memiliki rumah. Apalagi, bunga yang ditawarkan juga flat 5% selama 10 tahun.”Dana itu terdiri dari Rp800 miliar untuk subsidi selisih bunga. MBR yang menerima manfaat ini hanya menanggung bunga 5% dari cicilan rumahnya,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat ditemui di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Lebih lanjut Sri Mulyani optimis, tambahan insentif disektor perumahan ini akan mendorong roda perekonomian. Apalagi, disektor perumahan ada 174 sektor usaha yang terkait. “Kita berharap kenaikan jumlah unit rumah yang dibangun akan menciptakan dampak positif ke sektor-sektor yang berkaitan dengan perumahan,” tambahnya.

Sebab menurutnya, dengan tambahan Rp1,5 triliun ini, maka diperkirakan ada tambahan pembangunan 175 ribu unit rumah baru yang didorong dari meningkatnya permintaan.

“Sehingga total untuk tahun ini penyaluran KPR untuk masyarakat berpenghasilan rendah adalah sebesar 330 ribu unit rumah,” pungkas Sri Mulyani.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *