Begini Cara FBJP Membumikan Pancasila Di Jakarta Utara

 Begini Cara FBJP Membumikan Pancasila Di Jakarta Utara

Ketua Talk Show Membumikan Pancasila, Frengky Irawan, berharap road show Membumikan Pancasila. (Foto: Amin Hidayat)

JAKARTA, WartaGriya.Com -Gerakan membumikan Pancasila yang diselenggarakan Komju, Forum Budaya Jakarta Pesisir (FBJP), Pemuda Pancasila, FPK dan beberapa ormas lain bekerjasama dengan Polres, Kodim, dan Pemerintahan kota Jakarta Utara.

FBJP telah melahirkan satu semangat bersama, bahwa persoalan membumikan Pancasila harus menjadi tanggung jawab bersama.

Ketua Talk Show Membumikan Pancasila, Frengky Irawan, berharap road show Membumikan Pancasila yang akan di selenggarakan di setiap kelurahan di Jakarta Utara kurang lebih 31 kelurahan bisa terselenggara dengan baik.

“Untuk itu, kami mengajak semua komponen masyarakat untuk bisa bekerja sama dalam meningkatkan gotong royong menjadi lebih hidup di
Jakarta Utara,”ujar Frangky, di Bang Blak Cafe, Jalan Kramat Jaya, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (28/03/2022).

Bung Apek Saiman, selaku sebagai salah satu narasumber juga mengajak bahwa membumikan Pancasila juga perlu didukung dengan semangat progresif revolusioner. Ruh perjuangan dalam membangun Pancasila bisa semakin tumbuh di Jakarta Utara perlu jika semakin banyak didukung barbagai kalangan.

“Butir-butir Pancasila harus bisa menetas, maka perlu ada sumber daya manusia (SDM) yang bersedia mengengkarminya. Selain itu, juga ikut melakukan kerja-keja merawat dan memeliharanya. Maka perlu ada satu rekrutmen dan komitmen bersama dalam mewujudkan cita cita luhur itu. Agar Jakarta Utara bisa menjadi percontohan dan menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila hidup disegala sektornya,”terang Apek.

Semoga talk show yang dihadiri beberapa narasumber, masih kata Frengky Irawan, yakni Apek Saiman Aktivis 98, DR. Phil lilik Tjahjandari Dosen UI Dan M. Husin Munir dari Forum Budaya, bisa menggugah kesadaran bersama untuk semakin peduli dalam membumikan Pancasila di Jakarta Utara.

Sementara itu, M.Husin Munir, dalam kesempatan itu memaparkan tentang budaya etika dimasyarakat sudah yang sudah luntur. Untuk menindaklanjuti road show yang akan dilaksanakan di 31
kelurahan, kata kuncinya perlu penekanan adalah membudayakan etika ketimuran untuk membumikan Pancasila.

“Agenda Road Show Membumikan Pancasila yang akan diselenggarakan di setiap Kelurahan bahkan disetiap RW di Jakarta Utara ini mampu membangun gelombang kesadaran dan kepedulian dalam menjaga lingkungan dan hidupnya nilai kemanusian di Jakarta Utara,”terang Frengky Irawan.

Amin Hidayat

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *