Berapa Sih Biaya Notaris dan Pengurusan Sertifikat? Ini Penjelasannya!

 Berapa Sih Biaya Notaris dan Pengurusan Sertifikat? Ini Penjelasannya!

Ilustrasi. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Biaya Notaris, pengurusan sertifikat dan surat-surat merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam proses jual beli rumah. Bahkan aturan ini juga berlaku pada pembelian rumah secara Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Nah, untuk mengikat kredit secara hukum, biaya notaris akan dibebankan kepada pembeli rumah. Dalam hal ini, biasanya beberapa developer sudah bekerjasama dengan kantor notaris terpercaya. Notaris akan berperan dalam banyak hal, terutama untuk melakukan pengurusan sertifikat dan surat-surat yang berkaitan dengan proses jual beli rumah.

Menyangkut biaya notaris, honorariumnya sudah diatur oleh pemerintah dan tertuang ke dalam Undang-Undang No.30 Tahun 2004 Pasal 36. Seperti yang dikutip dari situs DPR, inilah rincian peraturan biaya atau honorarium notaris:

  1. Notaris berhak menerima honorarium atas jasa hukum yang diberikan sesuai kewenangannya,
  2. Besarnya honorarium yang diterima oleh seorang Notaris akan didasarkan pada nilai ekonomis dan nilai sosiologis dari setiap akta yang dibuatnya.
  3. Honorarium yang diterima ditentukan dari nilai objek, jika nilai objek sampai dengan Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) maka honorarium yang berhak diterima adalah sebesar 2.5%
  4. Jika nilai objek berkisar dari Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) sampai dengan Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah) maka honorarium yang diterima paling besar 1.5%
  5. Jika nilai objek berada di atas Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah) maka Notaris akan menerima honorarium sebesar 1%
  6. Nilai sosiologis ditentukan berdasarkan fungsi sosial dari objek setiap akta dengan honorarium yang diterima paling besar Rp5.000.000 (lima juta rupiah).

Putri Pratiwi K

http://wartagriya.com

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *