Berburu Cuan di Investasi Tanah Kapling

 Berburu Cuan di Investasi Tanah Kapling

Ilustrasi. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Dinilai cenderung harga naik disetiap tahun, begini cara membidik cuan dibalik investasi tanah kapling. Abdi Fajrin Senior Marketing PT Adhouse Clarion Events membenarkan terkait potnsi cuan tinggi investasi tanah kapling disebabkan masifnya pembangunan infrastruktur yang sedang digencarkan pemerintah.

Menurutnya, kebutuhan akan tempat tinggal pun tidak ada habisnya. “Posisi tanah sebagai salah satu instrumen investasi semakin bonafide. Namun, untuk melakukannya tidak bisa asal-asalan. Demi mencapai target investasi yang sudah direncanakan, para pemoda perlu memperhatikan beberapa hal,” ujar Abdi Fajrin. 

Ia menambahkkan, legalitas dokumen yang lengkap, lokasi yang strategis, serta prospek kenaikan harga menjadi penting. “Apabila sudah memenuhi syarat tersebut, maka dapat disebut sebagai tanah yang layak dijadikan investasi. Berikut penjelasan mengenai investasi tanah,” kata Abdi.

Menurutnya, tidak semua tanah layak dijadikan investasi. Apabila salah melangkah, tanah yang awalnya hendak menjadi tabungan jangka panjang justru tidak menghasilkan apa-apa atau bahkan merugikan.  Oleh karena itu, masih dikatakan Abdi, perlu diperhatikan sejumlah syarat tanah yang layak diinvestasikan.

Diantarnya, legalitas tanah adalah hal penting dan tidak boleh disepelekan. Apabila hendak beli tanah , cobalah untuk memerhatikan status dan landasan hukumnya, seperti hak guna usaha (HGU) dan hak guna bangunan (HGB). Jika belum yakin, bisa meminta bantuan jasa notaris untuk memeriksa legalitas tanah sebelum mengurus sertifikat hak milik (SHM).  “Segala hal terkait legalitas penting untuk diperhatikan guna menghindari berbagai masalah hukum, seperti sengketa tanah,” ujar Abdi.

Kemudian, menurut Abdi, syarat tersebut juga memudahkan ketika hendak menjual tanah. Tanah yang memiliki legalitas jelas dan lengkap tentu akan lebih mudah dijual.  Lokasi strategis jadi salah satu faktor tanah memiliki nilai investasi yang tinggi. Tanah dengan lokasi yang strategis, akses yang memadai, serta infrastruktur yang lengkap bisa memiliki nilai jual tinggi. “Lahan seperti ini juga dapat dimanfaatkan untuk membangun rumah, ruko, kos-kosan, apartemen, atau jenis properti lainnya yang mendatangkan keuntungan,” katanya. 

Selanjutnya adalah bagaimana cara untuk memeroleh keuntungan yang maksimal yaitu, pahamilah data kenaikan harga tanah per tahun.  “Umumnya, kenaikan harganya sekitar 5% hingga 20%. Lokasi yang strategis juga bisa mempengaruhi nilai jual tanah menjadi lebih tinggi. Apabila tanah berada di area terpencil, bisa menggali informasi terkait prospek pembangunan infrastruktur sekitar lahan,” tambah Abdi. 

Informasi ini dapat diperoleh di dinas tata kota setempat. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh calon investor yang hendak berinvestasi tanah.  Salah satunya harganya yang relatif meningkat tiap tahunnya. Namun, ada banyak faktor yang memengaruhi tingkat kenaikan harga apakah tinggi atau rendah, salah satunya lokasi. Tanah yang berada di wilayah berkembang tentu akan lebih mudah mengalami peningkatan harga yang signifikan, begitu pun sebaliknya. 

Namun, selain harga tanah yang naik setiap tahunnya, masih ada beberapa keuntungan lainnya, di antaranya biaya perawatan yang terjangkau. Investasi tanah memerlukan biaya perawatan pula, seperti produk properti lainnya. Salah satunya adalah biaya keamanan agar tanah lebih aman, terutama dari aksi penyerobotan lahan. 

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *