Digiqole ad

BPN Banten Berkomitmen Memberikan Kemudahan Pelayanan Kepada Masyarakat

 BPN Banten Berkomitmen Memberikan Kemudahan Pelayanan Kepada Masyarakat

SERANG, WartaGriya.Com – Dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, berbagai program pelayanan diluncurkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), mulai dari _platform layanan berbasis digital seperti Aplikasi Sentuh Tanahku, Layanan Geographic System Tata Ruang (GISTARU) yang dapat diakses pada tautan https://gistaru.atrbpn.go.id, penyampaian berkas permohonan layanan melalui Loketku di https://loketku.atrbpn.go.id, penyampaian pengaduan atau keluhan melalui media sosial Kementerian ATR/BPN dengan tagar #tanyaATRBPN, layanan Sistem Informasi Geografis Tanah Objek Reforma Agraria berbasis mobile dengan tautan https://sigtora.atrbpn.go.id, dan penyampaian permohonan informasi publik melalui https://ppid.atrbpn.go.id.

Disamping itu, untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan, kantor pertanahan di seluruh Provinsi Banten telah menyediakan Loket Khusus, Loket Prioritas Pelayanan Pertanahan yang diperuntukan bagi pemilik tanah tanpa melalui kuasa.

Kemudian ada Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) di 5 (lima) Kantor Pertanahan (Kantah) di Provinsi Banten yaitu Kantah Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Pada program PELATARAN ini masyarakat dapat menyampaikan permohonan layanan pertanahan berupa layanan pertanahan yang belum tersedia secara elektronik dan layanan pengecekan sertipikat secara elektronik yang diajukan langsung ke kantah atau informasi dan pengaduan masyarakat di hari Sabtu dan Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Tidak berhenti sampai di situ, kantor pertanahan di Provinsi Banten juga terus berinovasi dalam lakukan perbaikan pelayanan.

Seperti yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kota Tangerang dengan programnya “Daftar KJSB”.

Pada program ini masyarakat yang hendak mengajukan permohonan pengukuran pendaftaran tanah pertama kali atau pensertipikatan dapat mengajukan ke Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB) Sujadi atau KJSB Gunawan Wibisono.

Selanjutnya, inovasi dari Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan dengan memberikan kemudahan berkonsultasi secara daring melalui zoom meeting di jam kerja setiap hari Senin hingga Jumat dengan nomor meeting id 202 201 5929 dan passcode BPNTangsel serta inovasi _e-ticket yang memungkinkan masyarakat tanpa kuasa atau sebagai penerima kuasa memilih waktu kunjungan ke kantor pertanahan melalui laman sultantangsel.id.

Inovasi SAPA DILAN dan NAMPOOL juga dimiliki oleh Kantah Kota Cilegon, dimana pada program layanan SAPA DILAN pemohon tanpa kuasa yang merupakan penyandang disabilitas atau lansia dapat dilayani langsung di rumah dengan terlebih dahulu menghubungi nomor hotline Kantah Kota Cilegon di nomor 0822-4731-3408 dan Layanan NAMPOOL untuk 4 (empat) kategori layanan yakni Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), Roya, Peningkatan Hak dan Informasi Zona Nilai Tanah (ZNT) dengan waktu pelayanan 60 menit saja.

Program dan inovasi layanan ini merupakan wujud komitmen BPN Banten dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses layanan di BPN Banten.

“Insan Kementerian ATR/BPN mengemban visi kementerian kita yaitu Melayani, Profesional dan Terpercaya. Kemudian jajaran BPN Banten juga memiliki slogan JAWARA yang artinya bersahaJA dalam melayani masyarakat, berwibaWA dengan menjaga marwah lembaga dan berkineRjA dengan baik untuk semua pihak,” ujar Rudi yang ditemui di Gambir Expo saat hadir di pembukaan pameran “Indonesia UMKM Expo” pada Kamis (3/11/2022).

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.