Cegah Pondasi Bangunan Tak Miring

 Cegah Pondasi Bangunan Tak Miring

Ketua Divisi Pengembangan & Pelatihan BEA Indonesia Jimi Grapina. (Foto: Istimewa)

DEPOK, WartaGriya.Com – Kontruksi bangunan yang tepat, akan mencegah pondasi bangunan jika terjadi pergeseran tanah. Ketua Divisi Pengembangan & Pelatihan Building Engineers Association (BEA) Indonesia Jimi Grapina membenarkan konstruksi bangunan pendukung yang tepat bisa menghindarkan beragam masalah gedung.

Menurutnya, kemiringan lahan sudah terlihat sejak area perbatasan kavling dengan jalan perumahan. “Perbedaan ketinggian kontur permukaan ini dimanfaatkan secara maksimal. Kemiringan lahan dipertahankan. Pondasi yang digunakan pada bangunan ini adalah pondasi paku struktur beton baja,” kata Jimi, kepada WartaGriya.Com, Sabtu (14/3/2020).

Ia menambahkan, saat membangun rumah di lahan miring membutuhkan pondasi yang kuat dan tidak merusak struktur tanah. Apalagi, bangunan itu berdiri di atas pondasi tiang pancang yang dipakukan ke dalam tanah sedalam 8 meter. Tiang pancang ditanam pada sudut-sudut tertentu.

Jimi mengatakan, struktur pembentuk bangunannya pun akan lebih unik apalagi terbuat dari kombinasi kolom beton dan baja. “Kombinasi tersebut duduk pada bagian atas paku-paku beton. Dengan konstruksi seperti ini, bangunan bakal berdiri tegak dan kondisi tanah di sekitarnya pun tetap stabil,” pungkasnya.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *