Cek BI Checking Online Sebelum Pengajuan KPR

 Cek BI Checking Online Sebelum Pengajuan KPR

JAKARTA, WartaGriya.Com – Cek BI Checking secara online merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan sebelum mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Riyan Permana Promotion PT. Sinarmandala Bangunlestari (Lestari Group) memberikan kiat tersendiri agar pengajuan KPR lolos. “Diantaranya hindarai terlalu sering memindahkan uang antar rekening, karena pihak bank akan mempertanyakan hal tersebut,” kata Riyan Permana.

Kendati bukan isu besar, masih dikatakan Riyan, tapi bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan akhir pengajuan. Menurutnya, apabila beberapa tahun ke depan berencana beli rumah dengan sistem KPR, sebaiknya jaga alur rekening dari sekarang. “Bank Indonesia (BI) saat ini sudah memberi kewenangan kepada pihak bank dalam menentukan besar uang muka alias down payment (DP),” tambah Riyan Permana.

Lebih lanjut dikatakan Riyan yang sedang aktif pada kedua proyek perumahan Dramaga Cantik Residence Bogor dan Pinang Ranti Mension 2 Halim, menyarankan jika mempunyai dana lebih, maka tak ada salahnya untuk memaksimalkan DP. “DP maksimal bisa memperkecil jumlah angsuran setiap bulannya. Dengan begini akan lebih ringan ke depannya,” ujarnya.

Riyan juga mengingatkan, konsistensi dalam rekam jejak karir juga mempengaruhi penilaian saat mengajukan KPR. “Nah, untuk memperbesar peluang pengajuan KPR diterima, setidaknya sudah bekerja selama dua tahun di satu perusahaan,” katanya.

Sering berpindah kerja dengan status karyawan yang tidak menentu bisa memperkecil peluang tersebut. Sebelum benar-benar mengajukan KPR, coba diskusikan terlebih dahulu dengan pihak bank. Hitung dengan seksama berapa besaran DP dan cicilan per bulan yang harus kamu bayar. “Jangan lupakan soal panjang tenor atau jangka waktu pelunasan kredit, karena ini juga akan mempengaruhi jumlah angsuran,” tambah Riyan.

Selanjutnya, bukan hanya dana untuk DP dan angsuran yang perlu dipikirkan. Ia menjelaskan, harus ada persiapan dana untuk membeli isi rumah. “Tak mungkin menjalani kehidupan dengan baik di rumah yang kosong, pastinya masih perlu kebutuhan lain yang harus disiapkan. Prioritaskan untuk membeli isi rumah yang sangat diperlukan, akan lebih baik apabila dibuat list-nya,” pungkas Riyan Permana.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *