Dibandingkan Konvensional, Ternyata Ini Alasan Pilih KPR Syariah!

 Dibandingkan Konvensional, Ternyata Ini Alasan Pilih KPR Syariah!

Ilustrasi diperagakan model. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Dibandingkan konvensional, ternyata ini alasan pilih Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah. Jenis skema pembiayaan ini, banyak dipilih karena mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan KPR konvensional. Lalu apa saja alasannya?

Menurut Riyan Permana Promotion PT. Sinarmandala Bangunlestari (Lestari Group) beli rumah menggunakan skema KPR syariah dinilai lebih aman. “Jadi alasan itu terletak pada keunggulan tanpa suku bungan dan angsuran lebih stabil,” jelasnya.

Seusai dengan prinsip syariah, masih dikatakan Riyan, skema ini mempunyai perbedaan dibandingkan KPR konvensional mulai skema pembiayaan sampai nilai yang harus diangsur disetiap bulannya.”Inilah yang menjadi alasan KPR Syariah dipercaya lebih untung dibandingkan KPR Konvensional,” tambah Riyan.

Selain itu, kelebihan lain menggunakan skema KPR Syariah memberikan kepastian mengenai nilai cicilan yang harus dibayar setiap bulan. “Cicilan tetap sampai lunas, sehingga bisa membantu cash flow keuangan lebih baik,” tambah Riyan.

Selanjutnya, masih dikatakan Riyan, pada skema KPR syariah bank sebagai pemberi pinjaman bisa memperoleh keuntungan hasil kerjasama yang bersumber dari ¬†selisih jual beli rumah dengan pembeli rumah. “Kesepakatan yang diatur pada kerjasama itu tergantung bank dan konsumen sebagai calon kreditur,” kata Riyan Permana.

Ia merincikan, akad KPR sendiri  terdapat beberapa jenis yang paling umum yaitu akad Murabahah (Jual Beli) dan Musyarakah Mutanaqisah (Kepemilikan Bertahap). Secara luas, ada empat skema atau istilah dari bank syariah dalam pengajuan KPR, yaitu KPR iB Jual Beli (Murabahah), KPR iB Kepemilikan Bertahap (Musyarakah Mutanaqisah), KPR iB Sewa (Ijarah), dan KPR iB Sewa Beli (Ijarah Muntahiya Bittamlik-IMBT).

Keunggulan lain yang dimiliki KPR syariah yaitu proses permohonan yang cepat, serta bisa fleksibel untuk membeli rumah baru maupun bekas.Selain itu, KPR syariah memiliki jangka waktu pembiayaan yang panjang.

“Skema KPR syariah bisa juga diterapkan untuk mewujudkan rumah impian di Dramaga Cantik Residence (DCR). Hunian eksklusif dikawasan Bogor ini sangat cocok untuk ditempat tinggal sendiri maupun investasi karena dekat dengan Kampus IPB Drama serta fasilitas lain seperti dekat Stasiun KRL Bogor,” pungkas Riyan Permana.

 

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *