IMB Legalitas Penting? Begini Penjelasannya

 IMB Legalitas Penting? Begini Penjelasannya

Ilustrasi. (Foto: istimewa)

BOGOR, WartaGriya.Com – Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi dokumen penting terkait kepemilikan rumah ataupun bangunan lain. Bahkan, jika tak mempunyai legalitas ini proyek bangunan yang akan dibangun rumah bisa ditindak tegas oleh instansi terkait melalui bongkar paksa. Oleh karena itu, pastikan dokumen ini sudah terlampir saat beli rumah baru. Lalu apa saja manfaat IMB tersebut? berikut penjelasannya;

PERLINDUNGAN HUKUM
Keberadaan IMB bertujuan untuk menciptakan tata letak bangunan yang aman dan sesuai dengan peruntukan lahan. Dengan adanya IMB, pemilik rumah atau bangunan pun bisa mendapatkan perlindungan hukum yang maksimal. Dengan begitu ketika bangunan berdiri, tidak akan mengganggu atau merugikan kepentingan orang lain.

HARGA RUMAH MENINGKAT
Bangunan yang telah mengantongi Izin Mendirikan Bangunan tentu saja memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan yang tidak memiliki izin IMB. Hal ini bukan hanya disebabkan karena pembeli rumah nantinya bisa bebas membangun atau merenovasi rumah, melainkan juga mendapatkan sejumlah keuntungan lainnya.

AGUNAN BANK
IMB juga sangat berguna ketika kamu mengajukan kredit dengan agunan ke bank. Jika kamu menjaminkan rumah, maka rumah yang bisa dijaminkan hanyalah yang memiliki Izin Mendirikan Bangunan.

PERMUDAH PROSES JUAL BELI
Keberadaan IMB sangat dibutuhkan ketika terjadi transaksi jual beli atau sewa menyewa rumah. Pemilik rumah yang tidak memiliki IMB nantinya akan dikenakan denda 10 persen dari nilai bangunan, dan rumah pun bisa dirobohkan. Tak hanya jadi syarat dalam jual beli, IMB juga jadi syarat mutlak dalam menyewa rumah.

MELENGKAPI PERSYARATAN
Rumah yang masih berstatus Hak Guna Bangunan (HGB), memiliki status hukum yang lebih rendah dibandingkan yang sudah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM). Untuk itulah banyak yang mengajukan proses untuk mengubah legalitas tanah dan bangunannya dari HGB menjadi SHM. Nah, IMB adalah salah satu dokumen persyaratan penggantian HGB menjadi SHM. Tanpa IMB, tentu tak bisa meningkatkan hak atas status properti tersebut.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *