KKGO Kecamatan Menteng Gelar O2SN Tingkat SD Tahun 2023

 KKGO Kecamatan Menteng Gelar O2SN Tingkat SD Tahun 2023

JAKARTA, WartaGriya.Com – Pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan. Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi pembangunan watak bangsa.

Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Sekolah Dasar

(O2SN tingkat SD) yang dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

 

Ketua Panitia O2SN KKGO Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Salimil Fahmi Rizkiawan menjelaskan, O2SN-SD merupakan momentum yang tepat

dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat Berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Di samping itu, kegiatan tersebut juga dapat

memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai

kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fairplay (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) yang ada pada setiap perlombaan/pertandingan cabang olahraga pada O2SN ini.

“Kegiatan O2SN yang telah diselenggarakan lebih dari satu dasawarsa ini sudah berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah sampai tingkat nasional sehingga dapat mewadahi talenta peserta didik, khususnya dalam bidang pembinaan olahraga,”ujar Salimil Fahmi, didampingi Ketua KKGO Menteng, Agus Lumban Toruan, dalam pesan tertulis yang diterima oleh media ini, Selasa (16/05/2023).

Ditambahkan Agus Lumban Toruan menjelaskan, dalam hal ini KKGO Kecamatan Menteng bekerja sama dengan K3S, telah melaksanakan program O2SN untuk tingkat kecamatan.

“Kegiatan ini diikuti oleh sekolah-sekolah dasar yang berada di wilayah Kecamatan Menteng. Sebanyak kurang lebih 240 siswa yang merupakan perwakilan dari 20 sekolah terlibat dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 8 – 12 Mei 2023, bertempat di SDN Cikini 01,”ungkapnya.

Dikesempatan itu, Kasatlak Pendidikan Kecamatan Menteng, Marjono, dalam sambutan pembukaan kegiatan pada hari Senin 8 Mei 2023, menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan O2SN ini adalah :

1. Mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga.

 

2. Membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional.

 

3. Mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab.

 

4. Mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga.

 

5. Menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air.

 

6. Menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik sekolah di seluruh Indonesia.

 

Sebanyak 6 cabang olahraga yaitu Pencak Silat, Karate, Senam Lantai, Renang, Bulutangkis dan Atletik Kids diperlombakan untuk menyaring masing masing satu orang terbaik dari tiap cabang yang akan mewakili Kecamatan di tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Kegiatan ini digelar selama lima hari dengan urutan.

Dari sejumlah atlet yang bertanding tersaringlah 7 atlet putra dan 7 atlet putri terbaik yang mewakili tiap cabang yang dilombakan.

Mereka inilah yang akan mewakili kecamatan Menteng untuk mengikuti O2SN tingkat Jakarta Pusat

Adapun para juara tersebut adalah :

 

1. Cabang Silat Putra Andi Amri Syilahuddin dari SDN Menteng 01, Silat putri Felicia Filia Libry dari SDN Gondangdia 01

 

2. Cabang Karate nomor kata Putra Azaria Rezky Ramadhan dari SDN Menteng 02, putri Cesilia Margaretha dari SDN Menteng 02 Karate kumite putra Fathan Ajie Putra dari SDN Cikini 02, putri Felicia Filia Libry SDN Gondangdia 01

 

3. Cabang Senam Lantai putra Aldienan Anugrah SDN Gondangdia 05, putri Azzahra Julaika Syahbana SDN Menteng 01

 

4. Cabang Renang putra Fathir Akbar M dari SDN Menteng 01, putri Andrianne Kirana Zahra dari SDS Perguruan Cikini

 

5. Cabang Bulutangkis putra Abelar dari SDN Kebon sirih 04, putri Radinda Susanto dari SDN Menteng 03

 

6. Cabang Atletik kids putra Rifky dari SDN Pegangsaan 01, putri Jessica Ruth Juanita dari SDN Menteng 02.

 

“Selamat kepada para juara, dan selamat bertanding pada O2SN tingkat kota Jakarta Pusat bulan Juni mendatang,”ungkapnya.

Digiqole ad

Amin Hidayat

Related post

1 Comment

  • Luar biasa KKGO kecamatan menteng.. Selalu selangkah lebih maju dari kecamatan lainya di Jakarta Pusat. Bravo KKGO Menteng.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *