Mengenal Aturan Sewa Rumah Mewah

 Mengenal Aturan Sewa Rumah Mewah

Ilustrasi. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Selain harus memperhatikan sejumlah tips sewa rumah mewah yang lain, tak ada salahnya untuk memahami aturannya. Salah satu yang harus dipahami aturan sewa rumah mewah yaitu mengetahui hukum sewa-menyewa merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. 

Hukum sewa rumah mewah atau sejenisnya diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.  Terlebih tak semua masyarakat mengetahui hal tersebut, padahal kegiatan sewa-menyewa sangat sering dilakukan. 

Melakukan transaksi sewa-menyewa tanpa disertai surat perjanjian sangat beresiko, bagi penyewa maupun pemilik properti. Dengan mempelajari dasar hukumnya, bisa mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban.

Menurut Pasal 1548 KUH Perdata, Sewa menyewa adalah suatu persetujuan, dengan mana pihak yang satu mengikatkan diri untuk memberikan kenikmatan suatu barang kepada pihak yang lain selama waktu tertentu, dengan pembayaran suatu harga yang disanggupi oleh pihak tersebut terakhir itu. Orang dapat menyewakan pelbagai jenis barang, baik yang tetap maupun yang bergerak.

Adapun aturan-aturan yang diberlakukan terhadap penyewaan rumah dan penyewaan tanah diatur dalam Pasal 1550, dimana pihak yang menyewakan karena sifat persetujuan dan tanpa perlu adanya suatu janji, wajib untuk:

  • menyerahkan barang yang disewakan kepada penyewa;
  • memelihara barang itu sedemikian rupa sehingga dapat dipakai untuk keperluan yang dimaksud;
  • memberikan hak kepada penyewa untuk menikmati barang yang disewakan itu dengan tenteram selama berlangsungnya sewa.
  • Menyewa rumah memiliki keuntungan tersendiri, yaitu tidak harus melakukan perbaikan atau renovasi dan tidak bertanggung jawab untuk membayar pajak properti. Selain itu, menyewa rumah juga lebih fleksibel, karena pihak penyewa bisa memilih untuk melanjutkan sewa atau pindah asalkan tidak melanggar perjanjian.

Selain mencari tahu tips sewa hunian, mengetahui langkah-langkah tepat yang harus dilakukan juga sangat penting. Sebelum menandatangani surat kontrak hunian, baik rumah/apartemen/ruko/properti lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

a.    Anggaran Biaya Sewa yang Dimiliki

Sebelum mulai mencari rumah atau apartemen sewa, Anda harus tahu berapa biaya yang mampu Anda bayar setiap tahun atau setiap bulannya. Biaya sewa sebaiknya tidak boleh lebih dari 35 persen dari pendapatan kotor Anda (misalnya gaji sebelum pajak). Jadi kalau pendapatan Anda setiap bulan Rp5 juta sebelum pajak, maka pastikan cicilannya tidak lebih dari Rp1,75 juta setiap bulannya.

b.    Survei Lokasi dan Cek Kondisi Rumah

Tidak cukup melakukan survei via telepon atau foto gambar yang dilihat dari iklan saja. Anda harus melakukan survei langsung ke lokasi untuk melihat kondisi bangunan yang sebenarnya. Selain menghindari penyesalan di kemudian hari, Anda juga bisa segera meminta perbaikan ke pemilik rumah. Selain dinding dan lantai, perhatikan juga instalasi air dan listrik yang perlu dipasang dengan baik.

c.    Hitung Biaya Renovasi Minor (jika ada)

Masalah bagi sebagian besar pengontrak rumah adalah dilema ketika hendak melakukan renovasi terhadap rumah sewanya. Jika ingin melakukan beberapa perubahan seperti pengecatan rumah atau tekstur dinding, Anda harus bertanya dan menyepakatinya dengan pemilik rumah terlebih dulu. Setelah pemilik hunian menyetujui renovasi minor yang akan Anda lakukan, Anda bisa menghitung biaya yang diperlukan. Walaupun renovasi dilakukan secara minor, pastikan biaya yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran.

d.    Lihat fasilitas sosial dan fasilitas umum di sekitar hunian sewa

Sebelum menyewa rumah, Anda harus mempertimbangkan faktor lain seperti seberapa dekat hunian tersebut dengan fasilitas sosial dan umum. Apabila hunian letaknya terlalu jauh dari puskesmas, rumah sakit, posyandu, stasiun, halte, dan fasilitas lainnya, maka Anda harus mempertimbangkan kembali hunian tersebut. Jangan sampai lokasi hunian mempersulit Anda mengakses fasilitas sosial dan umum. Sewalah hunian dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari berbagai macam fasilitas.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *