Perhatikan Poin Ini, Sebelum Serah Terima Kunci

 Perhatikan Poin Ini, Sebelum Serah Terima Kunci

Ilustrasi. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Koreksi cek list sebelum Serah Terima Kunci (STK) rumah menjadi tahapan penting yang harus diperhatikan. Cek List Komplain adalah tahapan yang harus dilakukan pengemang perumahan kepada konsumen sebelum STK.

Selain itu, cek list bertujuan agar tidak ada yang saling dirugikan setelah terjadi penyerahan unit rumah kepada konsumen. Pasalnya, apabila sudah terlanjur tanda tangan STK namun masih ada list komplain yang belum dikerjakan oleh kontraktor pengembang itu tidak bisa lagi dikoreksi untuk diperbaiki.

Oleh sebab itu, butuh ketelitian dalam mengkoreksi cek list sebelum STK menjadi bukti penyerahan final baik secara fisik dan kualitas bangunan bagi pengembang. Nah seperti apa tahapan koreksinya? Yuk simak ulasan sebagai berikut ini.

Isi Form Cek List

Setiap pengembang menerapkan ketentuan ini sebagai tahapan seblum STK. Pembeli rumah atau konsumen properti biasanya diminta untuk mengisi form cek list tersebut.

Nah sebelum mengisi form cek list, konsumen properti harus benar-benar mengkoreksi kondisi bangunan yang sebelumnya telah dipilih unitnya.

Misalnya harus melihat langsung adanya atap bocor, dinding retak, atau saluran air yang tersumbat keseluruhan itu harus dipastikan masuk pada list komplain.

Serahkan ke Developer

Tahapan selanjutnya, yaitu menyerahkan form cek list yang sudah di isi daftar komplain kepada pihak pengembang atau developer. Koreksi kembali jenis apa saja yang harus diperbaiki, sebelum form cek list diserahkan kembali ke developer. Karena developer memberikan kesempatan komplain hanya sekali melalui isian form cek list itu. Makanya, benar-benar manfaatkan jangan sampai ada sisa-sisa kerusakan yang terlewatkan.

Koreksi Progres Perbaikan

Setelah form isian cek list diserahkan pihak developer, selanjutnya pihak pengembang melalui kontraktornya akan memperbaiki kerusakan atau kekurangan pada unit rumah tersebut.

Kontraktor akan mengerjakan sesuai pada list komplain dari konsumen properti atau pembeli rumah. Kemudian, setelah semua list komplain dikerjakan maka akan dikembalikan ke pembeli rumah atau konsumen properti untuk dikoreksi.

Konsumen wajib mengkoreksi dan memastikan seluruh komplain yang sudah tercatat di list telah dikerjakan semua. Perhatikan betul-betul, setiap cek list sudah dikerjakan secara benar serta terlihat tidak asal-asalan.

Tahap Serah Terima Kunci

Tahap akhir yaitu serah terima kunci rumah atau biasa disebut STK. Proses STK ini adalah tahapan akhir dari kwajiban developer terhadap kualitas bangunan. Oleh sebab itu, konsumen properti jangan sampai tanda tangan STK terlebih dulu apabila masih ada cek list yang belum dikerjakan. Pastikan semuanya sudah beres! Selanjutnya, konsumen properti bisa menerima tahap selanjutnya yaitu melakukan STK dengan pihak pengembang.

Putri Pratiwi K

http://wartagriya.com

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *