Pidanakan Konsumen, Perburuk Track Record Developer!

 Pidanakan Konsumen, Perburuk Track Record Developer!

Ilustrasi. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Maraknya sikap mempidanakan konsumen properti ketika menuntut haknya, dinilai justru akan memperburuk track record atau rekam jejak developer.

“Tak sedikit pengembang yang melakukan langkah agresif dengan melaporkan pencemaran nama baik ketika dikomplain konsumen terkait kualitas bangunan maupun masalah fasilitas umum, justru akan berdampak memperburuk track record developer tersebut,” ujar Pengamat Properti Independen Rahmat Anwar, kepada WartaGriya saat ditemui di Jakarta, Senin (14/2/2022).

Menurutnya, dalam sebuah produk properti maupun layanan pengembang, sebagai penjual biasanya mempunyai standar tertentu untuk memberikan kepuasan kepada pembalinya. “Termasuk dalam bisnis jual beli properti, di mana konsumen memiliki berbagai hak atas rumah yang dibelinya,” kata Anwar.

Ia mencontohkan, sebelum membeli rumah, pastikan mengetahui apa saja hak konsumen perumahan atau properti. “Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan dari pihak developer,” tambahnya.

Anwar menambahkan, Undang-undang Perlindungan Konsumen atau UUPK No. 8 Tahun 1999 mulai sah diberlakukan sejak 20 April 1999. UUPK ini juga mengatur secara rinci soal pemberian perlindungan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Cakupan hukum yang berlaku mengenai:

  • Hak dan kewajiban konsumen.
  • Hak dan kewajiban pelaku usaha.
  • Cara-cara mempertahankan hak dan menjalankan kewajiban tersebut.
  • Calon konsumen diharapkan untuk berhati-hati dalam memilih produk serta pengembang properti yang diinginkan.

Pastikan untuk mencari tahu kredibilitas dan reputasi pengembang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk. Untuk itu, harus mempertimbangkan beberapa aspek, seperti:

  1.  Lokasi
  2.  Harga
  3.  Tipe rumah
  4.  Status tanah
  5.  Fasilitas lingkungan
  6.  Skema pembayaran

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *