PKK Panen Sayuran di Lahan Urban Farming Kolong Tol

 PKK Panen Sayuran di Lahan Urban Farming Kolong Tol

Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara. (Foto: Amin Hidayat)

JAKARTA, WartaGriya.Com –  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti mengapresiasi tangan dingin dan semangat yang tinggi dari anggota Kelompok Tani Terus Bersemi yang terlibat langsung dalam pengelolaan urban farming di lingkungan RT 02 RW 12 Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok.

“Disini kita bisa melihat langsung aneka sayuran segar yang merupakan hasil dari kerja keras ibu-ibu Kelompok Tani Terus Bersemi. Dengan kegigihan dan kekompakannya itu, mereka saling bahu membahu menyulap lahan ini menjadi area perkebunan yang asri,” tutur Yenny Nursanti di lingkungan RT 02 RW 12 Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara Senin (28/03/2022).

Dalam kesempatan itu juga terlihat ikut hadir pengurus TP PKK Jakut, TP PKK Kecamatan Tanjung Priok serta Ketua TP PKK Kelurahan Warakas Happy beserta pengurus dan Sekretaris Kelurahan Warakas Ahmad Fitro, saat acara panen sayuran.

Beragam jenis tanaman seperti sawi, kangkung, pakcoy, kacang panjang, terong ungu, dan bawang merah semakin melengkapi area perkebunan yang berada di lahan kolong tol.

Menghijaukan lingkungan dan meningkatkan ketahanan pangan keluarga menjadi tujuan utama dari pelaksanaan urban farming di wilayah Kelurahan Warakas.

Setelah masuk masa panen, beragam sayuran seperti kangkung, bayam, dan sawi dipasarkan langsung ke warga sekitar dengan harga yang terjangkau.

Setiap sayuran yang berhasil dipanen sekitar 15 kg dan hasil penjualan sayuran tersebut digunakan untuk pembelian bibit dan kebutuhan lainnya.

“Setiap kelurahan memiliki lokasi urban farming yang diunggulkan dan ini akan memotivasi yang lain untuk ikut menerapkan urban farming di lingkungannya masing-masing.

Tetap semangat untuk menanam dan mari kita hijaukan wilayah Jakarta Utara,” pesan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara.

Amin Hidayat

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *