Prospektif, Inilah Alasan Maera Pilih Sastra Cina

 Prospektif, Inilah Alasan Maera Pilih Sastra Cina

Maera Zeus Irawan. (Foto; WG)

BOGOR, WartaGriya.Com – Sastra Cina merupakan salah satu jurusan favorit di Universitas Indonesia. Apalagi, seiring pesatnya pertumbuhan ekonomi dan pengaruh politik Sastra Cina sangat prospektif karena menjadi roda penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Hal tersebut ternyata juga menjadi alasan bagi Maera Zeus Irawan, sebagai Wisudawan Universitas Indonesia. Gadis kelahiran Batam, 29 Agustus 1998 ini mengaku pilih jurusan Sastra Cina atas kemauan sendiri.

“Emang kemauan sendiri, jadi saya itu suka dengan banyak bahasa. Waktu mau ambil jurusan saya konsultasi dulu dengan Papa, mau pilih bahasa apa ya, karena memang saya suka pelajari beberapa bahasa gitu,” kata Maera kepada WartaGriya.Com, di Bogor, Selasa (16/3/2021).

Kemudian, Maera memutuskan pilih Sastra Cina karena negara adidaya kedua setelah Amerika. “Memang ekonominya semakin meraksasa dan memang saya rasakan juga sih setelah lulus kuliah ini, prospek kerja yang ditawarkan ke cukup banyak dan ini merupakan pilihan yang tepat,” ujar Maera.

Sebelumnya, impian Maera yang telah terwujud yaitu bisa masuk kuliah di Universitas Indonesia dengan jalur undangan.

“Saya punya kemauan masuk UI dengan jalur undangan, kemudian berpikir bagaimana caranya bisa masuk tanpa tes dan peluangnya besar. Apalagi waktu jaman saya masih SMA pilih Bahasa Cina belum banyak yang tahu bagaimana prospeknya jadi peminatnya masih sedikit. Jadi Alhamdulillah saya diterima tanpa test masuk jalur rapot jadi sesuai dengan rencananya,” jelas Top 20 Finalis Puteri Muslimah Indonesia tersebut.

Keberhasilan Maera, hingga saat ini mampu mengantarkan dirinya sebagai pengajar di Sampoerna Academy, Sentul serta mengisi sejumlah kegiatan modeling.

Terlepas itu, berangkat dari pengalaman kuliah secara virtual dan seringnya pemberlakuan Work From Home (WFH) kenyamanan rumah menjadi sangat penting.

Terlebih, selama masa pandemi Covid -19 mengharuskan setiap mahasiswa ikut melakukan pembelajaran jarak jauh. Bukan hanya Kegiatan Belajar Mengajar nya (KBM) saja, namun Wisuda pun dilakukan secara virtual.

“Hal ini menjadi tantangan sendiri. Namun, meskipun demikian saya sangat bangga dengan segala hal yang telah tercapai dalam segala keterbatasan ini. Sebagai wisudawan Universitas Indonesia yang telah menghadapi berbagai tantangan ini.. Saya yakin saya tidak hanya berbekal ilmu yang memumpuni tapi juga terlatih secara mental untuk menjadi lulusan yang tangguh disegala kondisi yang tidak menentu,” pungkas Maera.

Biodata:

Maera Zeus Irawan

Mahasiswa Sastra Cina Universitas Indonesia

Batam, 29 Agustus 1998

Penghargaan:

Top 20 Finalis Puteri Muslimah Indonesia 2017

Semi Finalis Miss Indonesia 2018

Organisasi:

2011 – 2013 Wakil Ketua MPK dalam OSIS/MPK SMP Negeri 1 Cibinong

2013-2016 Ketua English Club SMA Negeri 3 Bogor

2016-2020 Anggota Ikatan Mahasiswa Sinologi Indonesia (IMSI) FIB UI

2016-2017 Bendahara Mahasiswa Satra Cina Angkatan 2016

2017 Bendahara Sinoturahmi IMSI FIB UI

2016-2019 Divisi LO Sinofest IMSI FIB UI

Putri Pratiwi K

http://wartagriya.com

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *