Strategi Dongkrak Pembangunan Rumah Subsidi

 Strategi Dongkrak Pembangunan Rumah Subsidi

Ilustrasi. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Pemerintah terus mendorong pembangunan rumah khususnya untuk rumah subsidi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Oleh sebab itu, perlu strategi agar rencana itu bisa tercapai.

Menteri BUMN Erick Thohir berencana mengembalikan perusahaan plat merah fokus pada inti bisnisnya. Dengan demikian, maka akan memperkuat kinerja bank BUMN dan menghilangkan persaingan tak sehat.

“Saya setuju dengan wacana dari Menteri BUMN agar bank fokus pada bidangnya masing-masing. Seperti BTN akan fokus sepenuhnya pada pembiayaan perumahan terutama perumahan bersubsidi. Untuk BRI fokus pada UMKM juga sangat bagus. Karena core competence serta pembidangan dan sejarah lahirnya BRI untuk mengurusi UMKM,” ujar Anggota Komisi XI DPR Misbakhun dalam keterangannya, belum lama ini.

Misbakhun menambahkan, sudah sewajarnya BTN diberikan sepenuhnya anggaran kuota untuk rumah bersubsidi. Sebab, BTN punya sejarah panjang dan pengalaman serta data yang sangat memadai terkait mengelola sektor pembiayaan perumahan.

“BTN lah yang saat ini berkorban dengan sangat luar biasa mencari pendanaan dan konsisten dalam lini pembiayaan perumahan ini,” tegasnya.

Begitu juga dengan BRI, menurut dia, sejarah lahirnya BRI sangat berhubungan erat dengan sektor UMKM. Misbakhun menuturkan, pembidangan ini harus semakin dikuatkan dalam bentuk strategi dan visi misi.

“Harus ada direction atau perintah yang sifatnya tertulis dan menjadi instruksi. Supaya yang menjadi keinginan Menteri BUMN itu bisa dilaksanakan,” paparnya.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *