Tak Punya Rumah, Seorang Pria Tinggal di Goa 10 Tahun

 Tak Punya Rumah, Seorang Pria Tinggal di Goa 10 Tahun

La Udu (50), seorang warga Kota Baubau. (Foto: Kompas.Com)

SULTENG, WartaGriya.Com – Hidup sebatang kara, La Udu (50), seorang warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, tinggal didalam goa selama 10 tahun.

Pria ini sengaja memilih tinggal di dalam goa yang berlokasi dipinggir pantai, karena tak punya rumah dan tak ingin menyusahkan keluarganya yang lain.

“Sudah lebih 10 tahun saya tinggal di sini sendiri karena tidak ada rumah,” ujar La Udu saat didatangi sejumlah media di goa tempat tinggalnya, baru-baru ini.

Lokasi goa tempat tinggal La Udu dekat pantai Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau.

Untuk menuju ke tempat tinggalnya, harus menggunakan perahu sampan. Ini karena lokasinya tepat di bawah tebing bebatuan.

Setiap harinya La Udu tidur di dalam sela bebatuan yang beralaskan pecahan perahu.

“Kalau malam dingin sekali. Takut (sendiri), tapi mau bagaimana lagi. Kalau air laut pasang, saya masuk ke dalam lagi,” ujar La Udu.

Dahulu, ia pernah tinggal di sebuah rumah bersama ayah dan ibunya.

Namun semenjak orangtuanya meninggal dan saudaranya menikah, La Udu yang seorang diri memutuskan tinggal di goa. La Udu juga pernah tinggal bersama seorang kakaknya beberapa tahun lalu.

Namun, ia memilih untuk tinggal seorang diri di dalam goa karena tidak ingin menyusahkan keluarganya.

Ia pun berusaha mandiri untuk bisa mencukupi kebutuhan setiap harinya.

“Makan, makan ubi, dan kasoami (makanan tradisional buton), mencari ikan juga. Hasilnya juga dijual, tapi tidak banyak,” kata La Udu.

La Udu bersedia pindah dari tempatnya saat ini bila ada yang mau menyediakan tempat tinggal yang layak untuknya.

Sementara itu, petugas Bhabinkamtibmas Kadolomoko Polsek Kokalukuna Brigpol Rabodding dan Babinsa Kadolomoko Serda Aafi datang mengunjungi La Udu di tempat tinggalnya.

Menurut Brigpol Rabodding, ia pertama kali tahu ada seorang warga tinggal sebatang kara di goa bebatuan setelah mendapat informasi dari warga.

“Saya bersama Babinsa Kadolomoko akan berkoordinasi langsung dengan pemda terkait maupun dengan tokoh masyarakat dengan tujuan mencarikan lokasi terhadap La Udu ini,” kata Rabodding.

Ia merasa sangat prihatin ada seorang warga yang tinggal sebatang kara di dalam goa di tepi pantai.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *