Tips Beli Properti Jakarta

 Tips Beli Properti Jakarta

Ilustrasi. (Foto: WG)

JAKARTA , WartaGriya.Com– Sebagai konsumen, memang tak mudah beli properti Jakarta. Pasalnya, selain di Jakarta terkenal dengan harga properti selangit, tapi beli rumah lewat perantara juga menimbulkan tambahan budget lagi. Oleh karena itu, cara paling mudah beli properti Jakarta bisa dilakukan sendiri tanpa menggunakan jasa agen atau perantara. 

Tak hanya itu, harga yang ditawarkan pemilik juga sangat berbeda dengan yang ditawarkan agen. Karena tidak ada perhitungan tambahan komisi untuk agen di dalamnya.  Kendati demikian, harus dipastikan keamanan, diantaranya periksa surat-surat rumah dan pastikan semuanya aman tanpa sengketa. 

Selanjutnya, apabila ada pameran properti tak jauh dengan tempat tinggal sekarang tidak ada salahnya untuk berkunjung. Biasanya ada ratusan pengembang yang hadir di event tersebut dan menawarkan diskon menarik yang ditawarkan sangat terbatas.

Ini merupakan alternatif bagi yang mencari rumah murah di Jakarta tapi ingin mendapatkan hunian baru. Biasanya potongan dari pengembang juga cukup menarik, bahkan ada yang menawarkan bonus jika membeli langsung di pameran tersebut.

Kemudian cobalah cari informasi tentang rumah lelang di bank. Biasanya bank mempunyai daftar rumah yang kreditnya macet dan dilelangkan ke publik. Selain itu, harga yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan harga pasar. Rumah-rumah tersebut memang bertujuan untuk mengembalikan modal dasar yang dipinjam oleh pemilik sebelumnya. 

Ini tentu menjadi opsi untuk bagi yang sedang mencari rumah murah di Jakarta. Tapi bukan berarti tidak ada kekurangannya. Misalnya ketika membeli rumah bekas, jadi ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu kondisi rumah yang dilelang. 

Pastikan kondisi rumah yang akan dibeli masih berada dalam kondisi nyaman untuk ditinggali. Sejumlah developer yang mengembangkan perumahan baru biasanya memiliki penawaran menarik. Seperti diskon untuk rumah inden atau rumah yang masih dalam proses pembangunan.

Langkah ini bisa diterapkan karena mereka butuh dana investasi untuk menggerakkan bisnis propertinya. Selanjutnya, ini bisa jadi solusi untuk mendapatkan rumah murah di Jakarta. Meski begitu, harus dipastikan reputasi pengembang terlebih dahulu agar tidak tertipu. Bila salah pilih pengembang, resikonya adalah rumah tidak selesai dan uangnya bisa lenyap begitu saja.

Cara mencari rumah murah di Jakarta terakhir adalah melirik kawasan pinggiran ibu kota. Misalnya, mencari rumah di Jakarta Selatan di kawasan Pesanggrahan, Ciganjur atau Tanjung Barat. Untuk Jakarta Timur dapat melirik rumah di Cakung, Duren Sawit dan lainnya. Namun,  jika masih sulit mencari rumah murah di kawasan tersebut, masih bisa mencari di kawasan penyangga Jakarta. Ya, memang huniannya tidak berada persis di dalam kawasan ibu kota. 

Namun kini membeli rumah di kota penyangga Jakarta jadi pilihan populer, karena selain banyak rumah murah, juga karena akses dari kota-kota sekitar menuju ibu kota ini juga sudah lebih  mudah. Pilihannya antara lain kawasan-kawasan perbatasan yang dekat dengan Jakarta.

Misalnya di kawasan Pondok Gede di Kota Bekasi, Parung Panjang di Kabupaten Bogor dan Pondok Cabe di Tangerang Selatan.  Sejumlah hunian murah di kawasan penyangga antara lain Permata Mutiara Maja dan Bukit Ciampea Asri. Kedua perumahan di atas menawarkan hunian mulai dari Rp190 Jutaan. Itulah sejumlah cara mencari rumah murah di Jakarta. Tapi, ada cara umum lainnya yang bisa dicoba. Misalnya mencari rumah dalam gang, misalnya rumah dijual yang sedang butuh uang (BU).

Putri Pratiwi K

http://wartagriya.com

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *