Tips Merawat Cat Dinding Tak Pudar

 Tips Merawat Cat Dinding Tak Pudar

Ilustrasi. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Banyak manfaat yang bisa dijadikan rekomendasi untuk merawat cat dinding rumah agar tak mudah pudar.

BACA JUGA: Isentif Properti Dinilai Belum Efektif

Terlebih, pasca lebaran seperti sekarang harus pandai mengatur pengeluaran seperti biaya pendidikan anak, namun di saat bersamaan tersandung dengan biaya tak terduga seperti merenovasi rumah.

BACA JUGA: Penting! Pahami Menghitung BPHTB

Agar pengeluaran terkendali, buatlah rencana anggaran yang tepat untuk kenyamanan keluarga di rumah. Waktu bersama keluarga memang sangat berharga dan jangan biarkan bocor dan rembes mengganggu terutama di akhir tahun yang identik dengan musim hujan.

BACA JUGA: 5 Cara Agar Jual Properti Lebih Cepat

Sebaiknya, kenali tanda-tanda masalah dinding rembes, seperti cat dinding yang mulai mengelupas, cat dinding menggelembung, munculnya lumut dan jamur, hingga warna cat dinding yang pudar. Selain berdampak langsung ke bangunan, dinding rembes seringkali membuat kita menjadi kesal, mudah marah, bahkan malu saat ada acara kumpul di rumah.

Sebelum hujan datang dan membuat khawatir, lebih baik atasi masalah dinding rembes dengan cara yang tepat sehingga tidak boros mengeluarkan biaya berulang kali. Berikut sejumlah inspirasi yang bisa dilakukan agar cat rumah tetap awet di saat musim hujan melanda dari Aquaproof yang merupakan pelopor cat pelapis anti bocor.

Pertama, acian yang sudah benar–benar kering dan bersih, dilapisi primer terlebih dahulu. Primer bisa didapatkan dengan mencampurkan Super Cement (cairan polimer berwarna putih susu) dan semen dengan perbandingan satu berbanding satu seperempat. Primer dapat diaplikasikan menggunakan kuas/rol cat. Primer juga berfungsi untuk menggantikan plamir atau cat dasar lainnya.

Masalah umum yang sering terjadi akibat penggunaan plamir adalah efflorescence yaitu terbentuknya garam bersifat alkali yang membentuk kristal pada cat dinding sehingga menyebabkan cat mudah terkelupas. Selain itu, penggunaan plamir dengan daya lekat rendah juga dapat menimbulkan cat mengelupas.

Kedua, setelah lapisan primer kering sesuai petunjuk tahap ke-1, kemudian lakukan proses pelapisan kedua. Bila memungkinkan lakukan pelapisan kedua menyilang dari lapisan pertama.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *