Tren Penerapan Pintu Baja di Rumah Modern

 Tren Penerapan Pintu Baja di Rumah Modern

Beragam jenis pintu baja bisa ditemui di IndoBuildTech Expo 2021 di JCC Senayan. (Foto: WG)

JAKARTA, WartaGriya.Com – Penerapan pintu pintu berbahan plat baja kini cukup menjadi tren di rumah modern. Selain durabilitasnya lebih tinggi dibanding pintu kayu, PVC, akrilik atau engineered wood, jenis pintu ini juga tahan rayap dan lebih aman karena sulit dibobol pencuri.

Penggunaan pintu baja cukup praktis dan memberikan rasa aman, terlebih untuk rumah besar dengan aset-aset penting di dalamnya.

Kesulitan mendapatkan kayu solid yang baik, perkembangan desain arsitektur, tuntutan ketahanan, kepraktisan dan keamanan, mendorong minat konsumen menggunakan pintu baja untuk huniannya.

Semakin majunya zaman, semakin banyak teknologi yang memungkinkan munculnya beragam jenis, desain, ukuran, serta bahan daun pintu. “Tampilan rumah yang indah merupakan harapan dan kebutuhan setiap orang,” kata Presiden Direktur PT Jaya Bersama Saputra (JBS), Joni Effendi, saat ditemui IndoBuildTech Expo 2021 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, baru-baru ini.

Menurutnya, kendati terbuat dari baja, pintu konsisten mampu meredam suara bising saat diketuk. Fitur honeycomb paper yang disematkan di antara dua sisi kusen (konstruksi sandwich) sebagai bahan core membuat pintu lebih stabil dan tidak mudah mengalami perubahan bentuk. “Bila pintu diketuk maka suaranya sangat teredam. Bunyi ketukannya seperti pintu kayu,” kata Hens Barend, National Sales Manager JBS Perkasa.

Galaxy Door adalah contoh dari pintu berbasis plat baja yang didistribusikan PT Jaya Bersama Saputra (JBS) Perkasa. Kesan kokoh pada pintu muncul lantaran Fortress Galaxy terbuat plat baja.

Sementara corak tembaga (copper) pada finishing akhir memberikan kesan elegan dan keseimbangan warna. Lantaran premium, tentu fiturnya tidak seperti pintu konvensional.

Pintu dibekali lima titik penguncian yang membuatnya diklaim sekuat brankas karena level keamanannya lebih tinggi ketimbang pintu konvensional.

Empat set engsel tersembunyi membuat pintu tidak mudah dicongkel. Pintu dilengkapi aksesori tujuh anak kunci komputer A-B Lock system, kaca pengintip, karet peredam, enam set baut instalasi dynabolt dan enam cover lubang instalasi.

Tren pintu saat ini tak hanya pelengkap suatu bangunan, tetapi juga harus memberi estetika. “Trennya, saat ini pintu lebih untuk menghadirkan ruh atau style sebuah bangunan. Bila dulu pintu merupakan perantara antara lingkungan luar dan dalam rumah sekaligus penjaga privasi penghuninya, sekarang pintu harus bisa menambah nilai estetis,” jelasnya.

Beberapa jenis dan model pintu rumah menjadikan kesan bangunan menjadi modern, sementara yang lainnya membuat bangunan terasa lebih klasik. “Bangunan rumah merupakan cerminan pemiliknya seperti pilihan motif dan warna dengan berbagai karakter mulai dari minimalis, modern dan futuristik. Pertimbangan konsumen memilih pintu tidak hanya dari sisi fungsional, tetapi menaruh ekspektasi lebih seperti keamanan, keindahan dan daya tahannya,” pungkasnya.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *