Waspada Beli Tanaman Hias di Perumahan, Begini Modusnya!

 Waspada Beli Tanaman Hias di Perumahan, Begini Modusnya!

Ilustrasi. (Foto: WG)

BOGOR, WartaGriya.Com – Dibutuhkan kewaspadaan tersendiri ketika ingin membeli tanaman hias yang biasa berjualan keliling komplek disejumlah perumahan. Modusnya tak sedikit berakibat fatal hingga tagihan membengkak dari kesepatakan awal.

“Sebenarnya harga tanaman hias maupun rumput relatif murah. Namun , setelah ditanam oleh penjual kemudian tanpa pengawasan yang detail dari pemilik rumah dapat dipastikan tagihan akan membengkak,” ujar salah seorang penghuni perumahan yang minta namanya tak disebut, dikawasan Cilebut, Bogor, Kamis (12/3/2020).

Menurut sumber itu, modus pedagang tanaman hias tersebut sering berkeliaran disejumlah proyek perumahan baru. “Biasanya pedagang itu mewarkan kepada pemilik rumah yang baru dihuni. Makanya banyak yang menjadi korban hingga jutaan rupiah, karena ketidaktahuannya,” tambahnya.

Namun, membuat taman ternyata bukan perkara mudah. Apalagi, ketika kamu harus memilih dan menentukan jenis tanaman yang cocok diletakkan di taman. Pasalnya, tanaman terdiri dari berbagai jenis. Ada yang tahan dengan cuaca panas, namun ada pula yang sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari. Nah, bagaimanakah tips memilih tanaman hias untuk taman outdoor di rumah.

Saat memilih tanaman hias untuk taman outdoor, sebaiknya kamu berhati-hati. Pasalnya, tidak banyak tanaman yang kuat bertahan seharian di bawah sengatan matahari. Biasanya, tanaman akan mudah kering dan mati ketika terlalu sering terkena panas matahari. Untuk itu, sebaiknya kamu teliti dalam memilih jenis tanaman yang sesuai.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa ketebalan daun. Pasalnya semakin tebal daun dari tanaman yang kamu pilih, maka kemampuan untuk bertahan dari sinar matahari pun akan semakin kuat.

Setelah memeriksa ketebalan daun, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah meraba-raba permukaan daunnya. Tanaman hias yang tahan terhadap sengatan matahari umumnya memiliki lapisan atau permukaan daun yang mengkilap. Permukaan ini mirip seperti lapisan lilin dan terasa licin.

Mengenali tanaman yang tahan panas sebenarnya cukup mudah. Selain memperhatikan ketebalan daun dan permukaan daun, cara lain yang bisa dilakukan adalah memeriksa bagian datang dan tangkainya. Biasanya, pada bagian batang dan tangkai akan terdapat bulu dan duri. Bulu dan duri ini berfungsi untuk mengurangi penguapan berlebih yang pada tanaman saat siang hari.

Tanaman yang tahan sinar matahari biasanya memiliki ukuran bunga yang relatif kecil, namun memiliki mahkota bunga yang tebal. Ketebalan mahkota bunga ini adalah salah satu cara beradaptasi terhadap sinar matahari. Tanaman jenis ini tidak akan mudah layu meski selama seharian tersengat panas.

Apabila kamu kesulitan untuk menentukan tanaman-tanaman mana saja yang tahan panas, kamu bisa memilih dari beberapa tanaman yang ada di bawah ini. Pertama, tanaman bambu meskipun tidak memiliki bunga atau buah, tanaman ini memiliki batang dan warna daun yang indah. Kedua, palem adalah tanaman yang juga disarankan karena terkenal bisa bertahan hidup dalam berbagai cuaca. Ketiga, beringin termasuk tanaman tahan panas yang mudah perawatannya. Selain itu, beringin terlihat apik jika dibuat bonsai dan tentu saja bisa bertahan lama atau tidak mudah mati.

Keempat, purin adalah tanaman yang banyak ditemukan di taman-taman outdoor. Tanaman ini terbilang unik karena daunnya memiliki warna-warna yang beragam. Kelima, anglonema merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di iklim tropis. Tanaman ini sangat mudah dirawat dan terlihat indah saat dipajang. Keenam, rumput adalah jenis tanaman terakhir yang tentu saja tahan terhadap sengatan matahari. Rumput hias akan terlihat apik jika ditanam memenuhi halaman rumahmu. Selain perawatannya cukup mudah, rumput juga bisa bertahan di cuaca yang sangat panas sekalipun.

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *